Untitled Document string
DETAIL

Senin, 17/09/2012

DOKTRIN KESELAMATAN dan KEHIDUPAN ROHANI


Buku ini menjelaskan tentang konsep keselamatan (soteriology) yang merupakan suatu pengalaman rohani yang diekspresikan Allah dalam firman­Nya dengan sekurang-kurangnya dua belas simbol. Kedua belas simbol itu tidak saling mengungguli dan tidak saling meniadakan.

Konsep tersebut bagaikan sebuah berlian dengan dua belas sisi yang sangat bernilai yaitu:

1.        Pilihan (Election)

2.        Pengganti (Substitution)

3.        Penebusan (Redemption)

4.        Pemuasan (Propitiation)

5.        Perpalingan (Conversion)

6.        Kelahiran Baru (Regeneration)

7.        Pembenaran (Justification)

8.        Pendamaian (Reconciliaton)

9.        Pengangkatan (Adoption)

10.     Kesatuan dengan Kristus (Unification)

11.     Penyucian (Sanctification)

12.     Pemuliaan (Glorification)

Keselamatan dan kehidupan Rohani merupakan anugerah Allah dalam Yesus Kristus dan konsep dosa yang membawa maut adalah dua sisi teologi yang sentral dalam konsep keselamatan. Peranan dari Roh Kudus dalam keselamatan memberikan keseimbangan dalam doktrin kedaulatan Allah dan tanggungjawab manusia dalam peristiwa penyelamatan.

Pengalaman Kristen Sejati bukanlah suatu religious quest, atau suatu hasil usaha keagamaan melainkan personal encounter yakni suatu pengalaman pertemuan yang bersifat kekal antara yang ilahi (Allah) dan insani (manusia). Bukan pula penyerapan mistik antara obyektif dan subyektif (lahiriah dan rohaniah), yang menyebabkan salah satu di antaranya lenyap, melainkan pengalaman unik antara dua individu yang berlainan, melalui perantara pribadi tertentu yaitu Allah, Manusia sejati, Yesus Kristus.

Soteriologi juga mempunyai peran sangat penting dalam Dinamika Pertumbuhan Gereja, bahkan kekeliruan dan kekaburan tentang hal ini akan membuat gereja kehilangan arah. Dan sebagai akibatnya gereja akan berputar­-putar dalam lingkaran tak berujung pangkal. Pada akhirnya gereja akan terjebak dalam tradisi Israel yaitu hidup bagi berkat dan tak peduli dengan tugas yang diembannya. Jadi, krusialnya konsep ini adalah berkenaan dengan tujuan eksistensi Gereja yang dihadirkan Tuhan Allah di dunia ini sebagai pengganti Israel.


DETAIL BUKU


Judul               : DOKTRIN KESELAMATAN dan KEHIDUPAN ROHANI

No. ISBN         : 979-96787-0-6

Penulis            : Pdt. Chris Marantika, ThD., DD.

Penerbit          : Iman Press

Tgl terbit         :  2007

Jlh Halaman     : 166 hlm

Berat Buku       : -

Jenis Cover      : Hard Cover dengan Emboss

Dimensi(L x P) : 14 x 21 cm

Kategori           : Soteriology

Text Bahasa     : Indonesia